Sabtu, 12 Mei 2012

Mengapa Etika penting dalam pergaulan?

        Pengertian Etika ( Etimologi ), berasal dari bahasa Yunaniadalah "Ethos" yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan ( custom ). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa latin yaitu "Mos" dan dalam bentuk jamaknya "Mores" yang berati juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik ( kesusilaan ) dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk. Etika dan Moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kehidupan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau mopralitas untuk penilaanperbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

        Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ( W.J.S Poewadarminto,2002 ) pengertian etika adalah ilmu tentang pengetahuan tentang asas akhlak ( moral ). Sementara, menurut kamus bahasa indonesia ( Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1988 ) pengertian etika dimaksud sebagai ilmu tentang apa yang baik dan buruk, tentang hak dan kewajiban moral, nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Masih menurut Kamus besar bahasa indonesia, pengertian etika merupakan kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak atau kode etik dan pengertian etika lainnya dimengerti sebagai nilai mengenai benar dan salah yang dianut satu golongan atau masyarakat.

        Dalam dunia pergaulan pun ada etika yang harus di jalankan. Pengertian etika pergaulan adalah aturan atau batasan bagi siapapun dalam hubungan interaksi dengan sesama baik perorangan maupun kelompok. Aturan atau batasan pergaulan ini bisa dibuat sendiri, tetapi ada juga aturan yang sudah tercatat dalam hukum agama. Dalam islam, etika pergaulan antar laki-laki dan perempuan sangat ketat. Apabila laki-laki dan perempuan bukan muhrimnya tidak boleh berduaan ditempat gelap. semuah hal tersebut dapat menimbulkan fitnah dan godaan setan.

0 komentar:

Posting Komentar