Selasa, 17 November 2009

13 CARA UNIK USIR STRES......

Stres bisa di usir dengan cara-cara sederhana yang---mungkin---selama ini anda abaikan.


Stres....stres....stres. Entah berapa kali sehari Anda mengalaminya. Banyak hal bisa membuat anda stres. Anak yang tidak mau segera mandi saja sudah membuat Anda kesal. Apalagi kalau anda harus melakukan presentasi dihadapan teman kelas anda. Bisa-bisa anda tidak enak makan, tidak enak tidur. Obat ampuh untuk mengatasi stres sebenarnya sederhana saja. Beristirahat atau tidur sudah cukup, koq. Dua hal itu bisa dikatakan merupakan cara-cara standar untuk mengenyahkan stres. Tetapi, bukan itu saja, lho, yang bisa anda lakukan. Ada tindakan lain yang mungkin anda sering lakukan, tetapi anda tidak menyadari bahwa itu bisa menghalau stres. Atau mau coba cara lain yang lebih unik???
Berikut ini contohnya:

1. HARUMKAN RUANGAN.
Sebuah penelitihan yang dilakukan oleh ilmuan jepang membuktikan,menghirup aroma lavender bisa mengurangi kadar kortisol ( hormon stres ). Untuk dikamar tidur, anda bisa menggunakan lilin aromaterapi. Sedangkan dikantor anda bisa memakai alat yang difungsikan dengan listrik.
2. KEMBALI MENJADI ANAK-ANAK.
Apa kegiatan favorit anda saat masih kecil??? Menggambar, menari, atau bermain ayunan??? Coba sekarang lakukan lagi. Ekspresikan diri, relaks, nikmati apa yang anda lakukan. Singkirkan dulu perasaan bahwa anda kini sudah dewasa. Jangan lupa, di dalam diri kita masing-masing ada jiwa anak-anak, koq. Itulah yang bisa anda eksplorasi.
3. JANGAN MENONTON BERITA.
( termaksuk juga infotainment ). Coba sesekali anda menjauh dari komputer, TV, surat kabar, atau Tabloid gosip. Sehari, dua hari, seminggu ( kalau sanggup )... terserah anda. ‘asupan’ berita negatif teru-menerus tidak baik, lho, untuk kesehatan. Sel-sel tubuh kita dirancang untuk menikmati kebahagiaan dan keceriaan, bukan bencana.
4. DETOKS DOMPET ANDA.
Perhatikan dompet anda. Sudah ‘gemukkah’??? kalau ya, saat nya anda melihat isinya . coba atur bon atau tagihan kartu kredit yang berantakanitu. Pisahkan tagihan yang sudah dan belum anda bayar. Simpan di file tersendiri, bukan didompet. Kadang-kadang dompet yang berantakan lalu melembung ( bukan karena uang ) bisa membuat anda stres.
5. PANDANGI IKAN DI AQUARIUM.
Kalau tidak punya aquarium, pasang saja DVD tentang kehidupan laut. Memandangi ikan bersiweran diyakini bisa mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.
6. NIKMATI ES KRIM.
Didalam es krim terkandung kalsium dan asam folat, yang terbukti bisa memperbaiki suasana hati. Kombinasi itu juga bisa memacu produksi serotonin, yang diketahui mampu membuat anda gembira untuk waktu lama. Plus, kalau menambahkan dark chocolate, anda akan terhindar dari kanker.
7. ISTIRAHATKAN KAKI.
Kadang-kadang kursi dan meja kerja anda tidak ergonomis bagi tubuh anda. Posisi kaki anda seharusnya datar dilantai. Kalau tidak, anda akan cenderung duduk di ujung kursi, yang bisa mengganggu tulang belakang, atau melipat kaki di kursi, yang akan membuat leher dan punggung terasa nyeri.. bikin stres juga, kan??? Maka nya, letakan footrest dibawah meja anda.


8. ATUR TAGIHAN ANDA.
Pisahkan antara uang tunai/tabungan/kartu kredit ( kalau anda ingin memakainya ) untuk membayar tagihan dan belanja. Ini akan memudahkan mengatur keuangan. Kalau bisa, gunakan kartu debit.
9. HIAS TEMPAT KERJA.
Coba anda pasang boneka imut, karakter kartun, atau hiasan lainnyadiatas komputer anda. Atau letakan pot tanaman mungil di meja kerja. Dijamin pemandangan itu akan segera menyegarkan pikiran anda kembali.
10. MAKAN MASAKAN CINA.
Bumbunya yang kaya membuat masakan cina terasa tajam dilidah. Dan ternyata ini juga bisa merangsang daerah di otak yang berkaitan dengan rasa senang. Anda suka sapo tahu atau ayam hainam??? Nah, nikmati saja.
11. GANTI POSISI.
Coba beranjak dari kursin, keluar dari ruangan, duduk diluar yang terkana sinar matahari, sebentar saja. Bahkan, sekedar memandangi langit yang bersih pun sudah mampu secepat kilat mengubah suasana hati anda yang kelabu.
12. BERPIKIR POSITIF.
Saran itu memang sudah standar untuk mengalau stres. Tetapi, coba anda tuliskan kalimat positif atau cari kalimat positif dari majalah, koran, buku, atau internet. Kemudian, tempelkan di beberapa tempat yang anda sering lihat. Misalnya, dimeja rias, diatas komputer, di mobil dan lain-lain. Dijamin itu bisa membangkitkan kembali semangat anda.
13. BEBASKAN LEHER.
Menjepit telepon dileher merupakan salah satu postur buruk yang sering dilakukan. Menurut Sally Longyear. Ahli ergonomi di Palo Alto. California, sikap ini bisa menekan saraf yang melintang dari dasar tengkorak ke tangan. Akibatnya, otak menjadi tegang serta terjadilah nyeri dan sakit kepala. Makanya, untuk ponsel, pakailah handsfree set. Sedangkan untuk telepon biasa, peganglah dengan semestinya..
Gampangkan???
Sumber : majalah Kebugaran dan kesehatan bulanan No.11/XIII/November 2009

0 komentar:

Posting Komentar